Cara Mengatasi Rambut Lengket, kering dan Kaku Setelah Berenang

Cara Mengatasi Rambut Lengket. Berenang merupakan salah satu cabang jenis olahraga yang sangat disukai banyak orang, baik itu laki-laki dan perempuan, anak-anak hingga orang dewasa. Berenang juga dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh, seperti dapat membakar lemak, menambah tinggi badan, dapat membuat tubuh menjadi segar, dan lain sebagainya. Namun, berenang juga dapat memberikan efek negatif. Khususnya bagi rambut yang dapat membuat rambut menjadi lengket, kusut, kaku, dan bahkan berubah warna. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir, hal ini karena terdapat beberapa cara mengatasi rambut lengket, kusut, dan kaku setelah berenang. Salah satunya cara guna mempertahankan dan menjaga keindahan rambut, yaitu dengan membersihkan rambut secara teratur serta efektif pada saat setelah berenang, tanpa menghilangkan kelembaban rambut. Berikut cara mengatasi rambut lengket, kusut, dan kaku setelah berenang.

Cara Mengatasi Rambut Lengket, kering dan Kaku

Rambut lengket merupakan salah satu masalah rambut yang besar, terlebih bagi yang mempunyai rambut keriting atau ikal. Dan apabila Anda merupakan seorang yang sering berenang atau bahkan seorang atlit renang, hal tersebut dapat menjadi masalah yang besar. Namun, perlu diketahui juga bahwa hal tersebut bukan berarti setiap anak perempuan yang memiliki rambut lurus tidak akan menghadapi masalah serupa pada saat setelah berenang, tentu saja mereka juga dapat mengalami hal yang sama.

Rambut dapat menjadi lengket, kering, kaku, susah untuk diatur, rambut menjadi rapuh, dan bahkan berubah warna. Hal ini terutama diakibatkan karena adanya kadar klorin yang terdapat dalam air pada saat berenang. Klorin tersebut kemudian menembus rambut serta menghilangkan kelembaban rambut di dalamnya. Hal ini dapat membuat rambut menjadi lengket, kering, kaku dan tidak sehat. Air pada kolam renang mempunyai efek yang hampir sama seperti pemutih. Hal tersebut yang dapat membuat warna rambut Anda berubah warnanya menjadi lebih terang dibandingkan sebelumnya.

Cara Mengatasi Rambut Lengket

Ada beberapa cara sederhana yang dapat Anda lakukan guna mempertahankan keindahan rambut. Dengan memakai perawatan rambut yang tepat pada saat sebelum dan sesudah berenang sangatlah dianjurkan oleh pakar kesehatan rambut. Terdapat berbagai jenis produk anti kusut dengan conditioner yang dapat membantu rambut Anda dalam menjaga kelembaban dan tekstur rambut.

Terdapat beberapa hal yang dianjurkan pada saat sebelum pergi berenang. Salah satunya dengan menggunakan topi renang. Dengan menggunakan topi renang bukan berarti rambut Anda terjamin keindahannya, namun merupakan pencegahan awal. Menggunakan topi renang merupakan salah satu cara mengatasi rambut lengket, kusut, dan kaku setelah berenang. Pencegahan ini dapat membantu Anda dalam mengatasi kandungan klorin serta polutan lainnya yang terdapat dalam air kolam renang yang dapat menyebabkan kerusakan pada rambut. Untuk menjaga keindahan rambut, Anda perlu untuk melembabkannya dengan menggunakan air bersih sebelum Anda masuk ke kolam renang. Hal tersebut dapat membuat agar tidak ada ruang untuk klorin dan polutan lainnya dalam merusak rambut.

Mengoleskan minyak pada rambut Anda sebelum berenang, hal ini karena minyak tersebut dapat mencegah masuknya air yang terdapat kandungan klorin serta polutan lainnya untuk memasuki kutikula rambut. Kutikula rambut mempunyai permukaan yang berpori seperti spons. Pada saat berenang, rambut kita akan menyerap semua bahan kimia dan logam berat yang terdapat pada air kolam renang tersebut. Alangkah baiknya untuk memiliki minyak rambut yang sesuai untuk jenis rambut Anda dan pilih jenis minyak yang terbaik. Apabila Anda tidak suka cara ini yaitu dengan mengolesi rambut dengan minyak, terdapat cara lainnya. Yaitu dengan menggunakan semprotan untuk perenang. Sekarang ini sudah banyak terdapat berbagai macam jenis produk tertentu yang secara khusus dirancang untuk mengatasi masalah rambut lengket, kaku, dan berubah warna setelah berenang. Anda hanya perlu menyemprotkan semprotan tersebut ke seluruh rambut yang berguna untuk menangkal polutan pada air kolam renang. Pastikan terlebih dahulu bahwa sebelum mengenakan topi renang, ikatlah rambut Anda, hal ini sebab rambut yang terurai bebas dapat memberikan efek lebih buruk dibandingkan rambut yang diikat.

Setelah Anda keluar dari kolam renang, segeralah untuk bilas rambut dengan menggunakan air bersih. Alangkah baiknya untuk menggunakan shampoo yang ringan dan efektif guna membantu dalam menyingkirkan klorin pada rambut. Apabila Anda tidak ingin untuk memakai shampoo secara teratur, terdapat cara mengatasi rambut lengket, kusut, dan kaku setelah berenang yang lainnya. Yaitu dengan menggunakan baking soda. Caranya dengan menambahkan 1 sendok makan baking soda ke dalam satu botol air hangat. Gunakan baking soda tersebut yang sudah dicampur dengan air hangat sebagai shampoo.

Setelah anda selesai berkeramas menggunakan shampoo, kemudian gunakan sisir bergerigi atau jari Anda untuk mengurutkan rambut yang kusut akibat berenang. Kemudian berikan krim kondisioner dan oleskan krim kondisioner tersebut pada seluruh bagian dari ujung rambut sampai ke bagian kulit kepala. Diamkan sampai 4 – 5 menit supaya kandungan kondisioner dapat terserap dengan sempurtna. Biarkan krim kondisioner selama beberapa saat yang berguna untuk menghilangkan kaku pada rambut. Setelah menunggu beberapa saat, bilas rambut Anda dan tinggalkan sedikit kondisioner pada daerah yang terlihat masih kering seperti ujung rambut.

Agar hasilnya lebih maksimal, setelah berkeramas gunakan vitamin rambut. Oleskan vitamin rambut tersebut sebelum Anda berenang supaya rambut menjadi terlindungi dari berbagai macam kandungan air kolam renang yang memiliki dampak buruk bagi rambut. Cukup oleskan vitamin rambut tersebut pada rambut yang dalam keadaan basah (setelah berkeramas serta sehabis memakai kondisioner ) ataupun pada saat rambut masih kering (sebelum berenang) sampai merata. Apabila Anda menggunakan vitamin rambut pada saat sebelum berenang, biarkan rambut Anda terlebih dahulu sekitar 3 sampai 5 menit hingga vitamin tersebut dapat terserap dengan sempurna. Apabila Anda menggunakan vitamin rambut tersebut setelah berkeramas dan sehabis memakai kondisioner, Biarkan rambut Anda kering dengan sendirinya tanpa menggunakan hairdryer. Hal ini karena dengan menggunakan hairdryer dapat membuat rambut Anda menjadi kering berlebih. Dalam hal ini disarankan mengeringkan rambut dengan menggunakan handuk saja, dengan cara di tekan secara perlahan atau biarkan kering dengan sendirinya secara alami.

cara mengatasi rambut lengket, kusut, dan kaku setelah berenang bervariasi menurut dari jenis rambut yang dimiliki, panjang rambut, dan gaya potongan rambut itu sendiri. Semua metode yang telah dijelaskan di atas tidak dapat menjadmin dapat bekerja bagi semua orang, namun Anda perlu untuk memulainya atau paling tidak mencoba beberapa kombinasi dengan menerapkan beberapa cara mengatasi rambut lengket, kusut, dan kaku setelah berenang yang sesuai dengan rambut yang Anda miliki. Hal ini sangat penting guna menjaga rambut tetap sehat dan tidak khawatir untuk berenang. Rambut lengket, kusut, dan kaku setelah berenang bukan merupakan halangan yang berarti jika Anda melakukan perawatan untuk mencegah hal itu terjadi.