20 Penyebab Rambut Cepat Beruban di Usia Muda

Penyebab Rambut Cepat Beruban. Pada umumnya rambut orang timur khususnya asia tenggara adalah berwarna hitam gelap. Warna hitam gelap pada rambut orang asia disebabkan oleh kadar melamin yang tinggi. Kandungan melamin yang semakin tinggi akan semakin membuat rambut terlihat hitam.

Perubahan warna pada rambut diakibatkan semakin berkurangnya kadar melamin pada rambut, bisanya hal ini terjadi jika manusia sudah mencapai usia tua, sebab pada usia di atas 40 tahun kemampuan tubuh untuk memproduksi melamin semakin berkurang, sehingga pada usia tersebut menyebabkan sering tumbuhnya uban.

Penyebab Rambut Cepat Beruban di Usia Muda

Uban adalah rambut warna putih yang berubah dari warna asli bawaan lahir. Uban dapat tumbuh akibat kurangnya kandungan melamin pada rambut, sehingga secara berangsur-angsur rambut berwarna abu-abu kemudian berubah menjadi putih. Faktor lain yang menyebabkan tumbuhnya uban adalah faktor genetik dan stres.

Cara menghilangkan Uban Di Usia Muda dan Tua
Cara Menghilangkan Uban Dengan Teh Basi
Cara Menghilangkan Uban Dengan Minyak Kelapa
Cara Menghilangkan Uban Dengan Kentang

Meskipun umumnya ubah ditemui pada usia tua, tapi terkadang uban juga bisa tumbuh pada usia muda. Meskipun tak lazim, keadaan ini sering ditemui pada banyak orang. Anak muda yang rambutnya tumbuh uban biasanya kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung melamin, sehingga suplai melamin untuk rambut menjadi sedikit yang mengakibatkan rambut cepat berubah warna. Selain beberapa poin di atas mengenai penyebab rambut cepat beruban di usia muda, dibawah ini penyebab lain yang menyebabkan rambut cepat beruban.


Penyebab Rambut Cepat Beruban di Usia Muda


1. Akibat Rokok
Sudah jelas, di bungkus rokok tertulis peringatan dari bahaya merokok. Efek samping rokok cukup banyak, dan sangat mengganggu kesehatan tubuh. Salah satu akibat rokok yaitu mempercepat tumbuhnya uban rambut di usia muda. Radikal bebas yang ditimbulkan akibat merokok akan menurunkan kadar melamin di dalam rambut sehingga warna rambut akan cepat berubah menjadi putih dari warna dasar nya.

2. Stres
Setiap orang pasti pernah merasakan stres, karena dalam hidup manusia pernah dihadapkan pada suatu tuntutan dan pilihan yang sulit. Sering stres bisa menyebabkan cepat tua, rambut rontok dan tumbuhnya uban. Stres bisa mengakibatkan tumbuhnya uban karena bisa membuat kadar melamin dalam tubuh berkurang.

3. Genetik
Faktor keturunan atau genetik menjadi kodrat manusia yang diturunkan oleh orang tua. Banyak faktor genetik yang diturunkan, seperti fisik, warna kulit, warna rambut penyakit dll. Selain itu, rambut beruban juga bisa disebabkan oleh faktor genetik, sehingga keadaan ini sangat sulit sekali diatasi karena sudah dari kodrat.

4. Kotornya Kulit Kepala
Kebersihan sebagian dari iman. Itulah sebuah hadits yang menyatakan betapa pentingnya sebuah kebersihan. Kebersihan mencakup semua aspek, mulai dari lingkungan, rumah dan badan. Anggota badan kita senantiasa harus dijaga kebersihannya, tak terkecuali kulit kepala. Kulit kepala yang kotor merupakan salah satu penyebab tumbuhnya uban.

5. Akibat Penyakit Tiroid
Kelenjar endokrin paling besar dalam tubuh manusia adalah kelenjar tiroid. Penyakit tiroid timbul akibat beberapa faktor, seperti terjadi masalah pada kelenjar pituri yang ada di otak, kelebihan kadar iodin dll. Timbulnya penyakit tiroid akan menyebabkan cepatnya tumbuh uban di rambut, karena penyakit tiroid akan mempengaruhi produksi melamin dalam tubuh.

6. Kekurangan Seng, Tembaga & Vitamin B12
Sudah sama-sama kita kita ketahui bahwa Seng, tembaga dan B12 berperan penting dalam pemberian makanan pada rambut Kita. Kekurangan ketiga jenis vitamin tersebut akan berpengaruh pada kesehatan rambut. Selalu penuhi asupan makanan Anda dengan menyertakan Vitamin B12 agar uban tidak tumbuh di usia muda.

7. Kekurangan Vitamin E & C
Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin E dan Vitamin C bisa menyehatkan rambut. Vitamin E dan C bertugas menghasilkan sel-sel yang bertugas membentuk melamin. Kekurangan asupan kedua vitamin tersebut dapat mengakibatkan tumbuh uban di usia dini.

8. Menopause Dini
Menopause merupakan keadaan dimana wanita sudah tidak lagi menstruasi, keadaan ini lazimnya terjadi pada wanita lansia. Terjadinya Manopause dini sangat tidak wajar dan harus segera mendapatkan penanganan medis. Menopause dini menjadi salah satu penyebab tumbuhnya uban di usia muda khususnya wanita, karena adanya perubahan hormon yang harusnya terjadi pada usia lanjut.

9. Gonta Ganti Pewarna Rambut
Gaya hidup yang semakin berkembang pesat membuat banyak orang kurang puasa dengan penampilan yang sudah ada, sehingga beraneka macam gaya di terapkan pada dirinya, termasuk salah satunya yaitu warna rambut, terlebih warna pewarna rambut yang digunakan yang berasal dari bahan kimia, sehingga dapat mengikis kadar melamin di dalam rambut yang mengakibatkan rambut cepat beruban di usia dini.

10. Kekurangan Asam Folat
Pertumbuhan rambut yang optimal salah satunya disebabkan oleh cukupnya asupan asam folat bagi tubuh. Asupan asam folat yang cukup untuk tubuh membuat kesehatan rambut tetap terjaga. Kekurangan asam folat akan mengganggu kesehatan rambut sehingga mempercepat tumbuhnya uban di usia dini.

11. Akibat Pengering Rambut
Bagi sebagian orang khususnya wanita, menggunakan pengering rambut seperti hair drayer menjadi sebuah kebiasaan. Rambut basah setelah keramas tak cukup hanya di gosok dengan handuk. Penggunaan pengering rambut terlalu sering akan mengakibatkan gangguan kesehatan rambut dalam jangka waktu panjang, termasuk pertumbuhan uban di usia muda bisa disebabkan oleh keseringan menggunakan pengering rambut

12. Akibat Diet Yang Salah
Memiliki badan yang ideal menjadi dambaan banyak orang. Berbagai cara sering dilakukan, tak terkecuali diet. Diet yang sesuai aturan dan tetap menjaga pola makan sehat tidak akan timbul masalah kesehatan dan justru badan sehat dan ideal. Sebaliknya, apabila diet yang salah dan berlebihan bisa berakibat mengganggu kesehatan tubuh karena asupan gizi yang tidak seimbang dan tidak terpenuhi oleh tubuh. Asupan gizi yang tidak seimbang juga menjadi salah satu penyebab tumbuhnya uban di usia muda.

13. Mengkonsumsi Makanan Instant
Meskipun simple dan menghemat waktu, makan makanan instan bisa mengakibatkan gangguan kesehatan, hampir semua makanan instant atau cepat saji terdapat zat karsinogenik yang memiliki sifat racun. Akibat yang timbul karena keseringan mengkonsumsi makanan cepat saji atau instan yang di dalamnya terdapat zat karsinogenik yaitu tumbuhnya uban di usia muda, dikarenakan zat tersebut dapat menghambat produksi melamin di dalam tubuh.

14. Hormon Tidak Seimbang
Hormon dalam tubuh manusia berfungsi untuk mengkoordinasikan antar sel atau antar kelompok sel tertentu di dalam tubuh. Hormon di produksi di oleh kelenjar, yang kemudian diskresikan kedalam aliran darah. Keseimbangan hormon cukup berpengaruh pada kesehatan rambut dan kulit, serta perubahan hormon juga dapat  mengakibatkan kesehatan rambut dan kulit terganggu. Sehingga ketidakseimbangan hormon dapat mengakibatkan tumbuhnya uban di usia muda.

15. Keramas Dengan Air Sadah
Bagi orang awam, kata air sadah agak sedikit asing di telinga. Air sadah merupakan air yang memiliki kandungan mineral yang tinggi sehingga sering pula disebut air keras, kebalikan dari air keras adalah air lunak yang memiliki kandungan mineral yang rendah. Sering mencuci rambut dengan air keras mengakibatkan rambut.

16. Faktor Psikologi
Keadaan psikologi seseorang biasanya berubah tergantung keadaan dan situasi. Terkadang manusia merasakan kesedihan, kekhawatiran, stres, kecewa, gelisah, khawatir dan murung, akibat dari tekanan batin tersebut bisa mengakibatkan penurunan melamin di dalam tubuh manusia, sehingga orang yang memiliki masalah psikis akan cepat tumbuh uban di kulit kepala nya, meskipun orang tersebut masih muda.

17. Gizi Buruk
Makanan yang di konsumsi tidak seimbang akan mengakibatkan tubuh kekurangan gizi. Tubuh yang mengalami kekurangan gizi akan mudah terkena berbagai macam penyakit, mulai dari penyakit ringan bahkan penyakit mematikan. Selain penyakit, gizi buruk juga dapat menyebabkan tumbuhnya uban di usia muda.

18. Penggunaan Catok Rambut
Menginginkan rambut yang beraneka ragam gaya membuat orang melakukan banyak hal, termasuk salah satunya adalah catok rambut. Penggunaan catok rambut memang menjadikan rambut lebih rapi, tapi perlu Anda ketahui bahwa, penggunaan catok yang berlebihan bisa mengakibatkan rambut cepat beruban di usia muda, hal ini terjadi karena catok rambut bisa mengurangi kadar melamin pada rambut.

19. Menggunakan Shampo yang Salah
Beraneka macam shampo bisa dengan mudah kita temui di warung dan apotek, mulai dari shampo yang berasal dari bahan herbal sampai bahan kimia. Menggunakan shampo yang cocok tentu saja tidak akan terjadi apa-apa, malah akan membuat rambut menjadi sehat. Tapi penggunaan shampo yang salah atau tidak sesuai dengan jenis rambut mengakibatkan kerusakan pada rambut, hingga tumbuhnya uban di usia muda.

20. Sering Melakukan Pencucian Rambut
Mencuci rambut di tempat krimbat tidak masalah apabila dilakukan secara wajar dan teratur. Tetapi akan berlaku sebaliknya apabila pencucian rambut dilakukan terlalu sering, sebab, keseringan mencuci rambut akan mengikis mineral alami yang ada dalam rambut, hal ini bisa mengakibatkan rambut kusam, kering dan bahkan beruban di usia muda.

Itulah beberapa penyebab rambut beruban di usia muda yang perlu Anda ketahui, agar sejak dini Anda bisa merawat dan menjaga rambut agar tetap sehat dan bisa terhindar dari tumbuhnya uban di usia muda.