16 Cara Cepat Memanjangkan Rambut Menggunakan Bahan Alami

Cara Memanjangkan Rambut. Bulu hitam yang tumbuh di kulit kepala merupakan organ tubuh yang sering kita sebut dengan nama rambut. Bulu yang tumbuh di tubuh mamalia salah satunya manusia bukan hanya tumbuh di bagian kepala saja, tapi juga di bagian organ lain, seperti sekitar kelamin, dada, jenggot dan kumis pada pria. Bulu rambut bukan hanya berwarna hitam, tapi juga ada yang berwarna pirang, kuning dan putih, tergantung faktor genetik yang diturunkan.

Memanjangkan rambut sering dilakukan oleh banyak orang, baik pria maupun perempuan. Rambut panjang akan terlihat indah dan lebat jika rambut tersebut sehat dan berkilau, tapi jika rambut kita panjang dan terlihat tidak sehat seperti kusam dan kering, pasti akan terlihat kurang indah. Menggunakan bahan alami menjadi solusi yang efektip untuk rambut panjang yang sehat dan berkilau.
Cara Memanjangkan Rambut
Banyak wanita yang rela mengeluarkan uang banyak demi mendapatkan rambut yang panjang, lebat dan cantik. Sebagaimana kodrat wanita, bahwa rambut sama seperti mahkota yang bertujuan untuk memperindah penampilan, sehingga memanjangkan rambut sering dilakukan dan di tata dengan berbagai macam gaya, seperti di rebonding, di buat kriting gantung dan di catok.


Cara Memanjangkan Rambut

Sebagaimana kodrat kehidupan kita, jika membiarkan rambut tanpa mencukurna tentu rambut tersebut akan panjang dengan sendirinya. Rambut akan terus memanjang seiring berjalannya waktu. Pembahasan kali ini seputar cara cepat memanjangkan rambut dan supaya rambut sehat dan lebat.

Air Kelapa
Sejak jaman dahunlu air kelapa sering digunakan oleh masyarakat untuk keramas keramas, dan suah populer di kalangan masyarakat pedesaan. Kandungan zat besi, kalium dan protein yang ada di dalam air kelapa mampu di andalkan untuk merangsang pertumbuhan rambut secara alami.
  1. Siapkan dua buah kelapa muda.
  2. Keluarkan air kelapa tersebut dan tuangkan ke dalam satu wadah.
  3. Balutkan air kelapa tersebut ke bagian rambut dan kulit kepala secara menyeluruh, dan sebaiknya dilakukan malam hari sebelum tidur.
  4. Lalu diamkan sampai pagi.
  5. Setelah pagi hari silahkan bilas dengan cara keramas seperti biasa.

Ampas Teh
Mungkin Anda berfikir bahwa ampas teh adalah sampah yang tidak berguna dan merupakan benda bekas yang biasa langsung dibuang. Ampas teh bisa menjadi limbah serta sampah yang dapat mengotori lingkungan jika di buang sembarangan, meskipun ampas teh merupakan sampah organik yang bisa hancur secara alami di alam. Memanjangkan rambut dapat dilakukan dengan menggunakan ampas teh, caranya sebagai berikut.
  1. Siapkan ampas teh bekas celup 3 buah.
  2. Lalu aplikasikan ke bagian rambut yang sudah keramas secara merata.
  3. Diamkan sekitar 20 menit sampai agak sedikit mengering.
  4. Langkah terakhir silahkan bilas dengan air sampai bersih.

Bawang Merah
Bawang merah biasa digunakan sebagai aneka macam bumbu masakan, bawang merah menjadi penyedap alami dengan bau nya yang khas. Pertumbuhan rambut dapat terjadi jika kadar kolagen yang diserap oleh rambut cukup, sehingga untuk memanjangkan rambut harus dengan memanfaatkan jenis bahan yang mengandung kolagen. Kandungan sulfur yang ada di dalam bawang merah dapat membuat produksi kolagen meningkat, sehingga akan membuat rambut Anda akan menjadi panjang dengan cepat secara alami. Cara membuat ramuan untuk memanjangkan rambut sebagai berikut.
  1. Siapkan bawang merah secukupnya, yang disesuaikan dengan panjang rambut Anda.
  2. Kupas bagian kulit bawang yang kotor lalu cuci dengan air.
  3. Haluskan bawang merah yang sudah disiapkan dengan ditumbuk atau di blender.
  4. Oleskan ke rambut basah dengan cara di remas-remas supaya merata.
  5. Anda diamkan sekitar 20 menit sampai jus bawang tersebut meresap ke rambut dan kulit kepala.
  6. Terakhir silahkan bilas dengan air bersih.

Daun Seledri
Aroma yang khas pada seledri membuat orang  menyukai daun ini sebagai pelengkap saat masakan di sajikan, di indonesia kebanyakan masakan yang dihidangkan tidak pernah luput dengan taburan seledri yang sudah di iris kecil-kecil. Selain kegunaan untuk kuliner, seledri dapat diandalkan untuk menyuburkan rambut dengan dibuat menjadi ramuan tradisional. Cara mengolah seledri menjadi bahan untuk memanjangkan rambut sebagai berikut :
  1. Siapkan sekitar 20 tangkai seledri.
  2. Buang bagian seledri yang sudah agak busuk dan menghitam pada daun yang tua.
  3. Cuci menggunakan air bersih hingga kotoran yang menempel hilang.
  4. Blender seledri tersebut hingga halus.
  5. Oleskan ke rambut sampai merata.
  6. Diamkan 50 menit sampai ramuan meresap.
  7. Langkah terakhir silahkan keramas sampai bersih.

Daun Lidah Buaya
Tanaman lidah buaya memang sudah menjadi bahan yang cukup terkenal untuk merawat kecantikan, mulai dari rambut, wajah sampai kulit. Lidah buaya bisa juga di konsumsi dan di olah menjadi manisan yang menyegarkan, bahkan minuman kaleng juga sekarang sudah banyak yang mengandung sari dari lidah buaya. Untuk rambut, lidah buaya bisa berfungsi untuk memperpanjang rambut. Berikut cara menggunakan lidah buaya untuk memanjangkan rambut.
  1. Siapkan lidah buaya segar dan besar, lalu cuci dengan air.
  2. Patahkan lidah buaya dan remas sampai gel yang ada di dalamnya keluar.
  3. Oleskan ke rambut secara merata dan menyeluruh.
  4. Diamkan setengah jam sampai gel lidah buaya mengering di rambut Anda.
  5. Langkah terakhir silahkan bilas dengan air bersih.

Daun Santan & Pandan
Campuran daun santan hasil perasan dari parutan kelapa dengan pandan berguna untuk menyuburkan rambut, penggunaan ramuan ini epektif jika Anda ingin memanjangkan rambut dengan cepat. Membuat racikan santan dan daun pandan untuk memanjangkan rambut sebagai berikut.
  1. Siapkan satu butir kelapa yang sudah di kupas kemudian parut.
  2. Perasa hasil parutan kelapa tersebut hingga keluar santan.
  3. Tumbuk sampai halus satu ikat pandan segar hingga mengeluarkan air.
  4. Pisahkan ampas dan air pandan tersebut.
  5. Campurkan santan dan air pandan dalam satu wadah.
  6. Buatlah masker rambut dengan campuran bahan pandan dan santan.
  7. Diamkan sekitar satu jam.
  8. Bilas dengan air berish dan lakukan cara ini dua sampai tiga kali dalam seminggu.

Daun Mangkok
Tumbuhan mangkok merupakan tanaman yang sering kita temui di pot bunga dan di pelataran rumah yang dijadikan hiasan serta memiliki daun berwarna hijau dan bentuknya melengkung ke atas seperti mangkok. Bagi sebagian orang daun mangkok dianggap sebagai hiasan saja, tapi ternyata daun mangkok dapat digunakan sebagai ramuan untuk memanjangkan dan melebatkan rambut. Ingin tahu cara supaya rambut cepat panjang dengan daun mangkok,ikuti langkah-langkah berikut.
  1. Ambil satu genggam daun mangkok segar yang sudah agak tua.
  2. Cincang daun mengkok tersebut lalu balnder, atau bisa juga di tumbuk.
  3. Oleskan daun mangkok yang sudah halus tersebut ke kulit kepala dan rambut Anda sambil di pijit.
  4. Diamkan sekitar 20 emnit sampai agak mengering.
  5. Lalu bersihkan dengan keramas seperti biasa.

Jeruk Nipis
Jaruk nipis memang bisa dikatan sebagai buah yang multi fungsi dan serba guna, selain bisa digunakan sebagai minuman yang menyegarkan, jeruk nipis juga dapat dijadikan bumbu masakan dengan aroma dan rasa asam yang khas. Selain itu, dibidang kecantikan jeruk nipis dapat diandalkan sebagai bahan untuk memanjangkan rambut, caranya sebagai berikut.
  1. Siapkan 3 buah jeruk nipis tua dan besar.
  2. Potong-potong lalu peras.
  3. Tampung air jeruk nipis di dalam sebuah wadah.
  4. Oleskan air perasan jeruk nipis tersebut ke rambut Anda dari padangkal sampai ujung, sambil di pijit halus.
  5. Diamkan 20 menit lalu cuci dengan air bersih.

Minyak zaitun
Minyak yang berasal dari mediterania ini sudah tidak diragukan lagi dijadikan bahan alami untuk merawat kesehatan dan kecantikan. Minyak zaitun pada dasarnya di olah untuk dijadikan minyak goreng dan memasak makanan, tapi seiring dengan pengetahuan masyarakat maka tak sedikit minyak goreng dimanfaatkan untuk kepentingan lain, seperti merawat wajah, kulit, menghilangkan jerawat, bahkan merawat rambut. Cara menyuburkan rambut dengan minyak zaitun sebagai berikut.
  1. Setelah keramas, silahkan oleskan minyak zaitun ke kulit kepala Anda dan ke seluruh rambut.
  2. Remas-remas dan di pijat-pijat supaya minyak zaitun teraplikasi secara menyeluruh.
  3. Jangan berhenti meremas selama selama 10-15 menit supaya minyak zaitun meresap ke dalam rambut dan kulit kepala.
  4. Diamkan sekitar dua puluh menit lalu bilas dengan air bersih.

Minyak Kemiri
Kemiri adalah bumbu yang jarang ketinggalan di dalam masakan, aroma yang khas dan membuat masakan menjadi lezat menjadikan kemiri selalu hadir dalam penyedap masakan. Kemiri yang sering digunakan adalah bagian biji yang di tutup batok keras yang di kupas dari buahnya. Kemiri sering diolah menjadi sebuah minyak yang dinamakan minyak kemiri yang biasa dimanfaatkan merawat kecantikan Supaya rambut cepat lebat dapat dilakukan dengan mengolah kemiri sebagai bahan bakunya. Cara membuat rambut cepat panjang menggunakan kemiri sebagai berikut.
  1. Siapkan minyak kemiri secukupnya yang sesuai dengan lebatnya rambut Anda.
  2. Oleskan ke rambut secara merata dari pangkal sampai ujung rambut sambil dipijat halus selama 20 menit.
  3. Setelah merata tutup dengan shower cap sampai tertutup semua.
  4. Diamkan 1 jam lebih dengan posisi masih tertutup showe cap.
  5. Ulangi cara ini selama 3-4 kali dalam seminggu agar mendapatkan hasil yang diinginkan.

Kuning Telur
Terdapat dua bagian di dalam telur ayam, yaitu bagian kuning dan putihnya. Bagian putih telur ayam kaya akan kandungan protein, sehingga putih telur sering digunakan sebagai asupan giji untuk memperbesar otot, terutama bagi Anda yang senang dengan melakukan binaraga. Bagian kuning telur juga kaya akan manfaat, salah satu manfaat kuning telur untuk melebatkan rambut
  1. Siapkan satu butir telur Ayam, minyak jarak, asam malat dan shampo.
  2. Pisahkan antara putih dan kuning telur dan ambil bagian kuningnya saja.
  3. Campurkan asam malat dan minyak jarak sesuai takaran.
  4. Tambahkan sedikit shampo kedalam campuran tadi.
  5. Aduk sampai semuanya benar-benar tercampur.
  6. Basahi rambut Anda dengan air bersih.
  7. Aplikasikan ramuan tadi ke rambut Anda seperti sedang memakai shampo.
  8. Setelah teraplikasi dari pangkal sampai ujung rambut, kemudian diamkan sekitar 25 menit.
  9. Gunakan cara ini secara rutin dan teratur selama beberapa minggu.

Kulit Apel
Apel yang akan di makan biasanya di kupas terlebih dahulu bagian kulitnya, kulit apel yang di kupas seringkali di buang dan menjadi sampah yang mengotori lingkungan, padahal kulit apel dapat digunakan sebagai bahan alami untuk melebatkan rambut, karena kandungan vitamin yang terkandung di dalam kulit apel mengandung berbagai jenis vitamin yang dapat membuat sirkulasi darah ke kulit kepala meningkat. Peningkatan sirkulasi darah ke kulit kepala akan merangsang pertumbuhan rambut di kulit kepala Anda. Pembuatan ramuan untuk melebatkan rambut dengan kulit apel sebagai berikut.
  1. Siapkan satu genggam kulit apel.
  2. Haluskan kulit apel tersebut dengan blander atau di tumbuk.
  3. Oleskan kulit apel yang sudah halus tersebut ke seluruh rambut Anda,
  4. Setelah tercampur secara merata silahkan diamkan 15-20 menit.
  5. Lalu cuci rambut Anda dengan air bersih.

Kopi
Bagi sebagian besar penduduk Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya kopi, minuaman yang memiliki aroma khas dan rasa yang nikmat jika di seduh dan di minum di pagi atau malam hari ini menjadi favorit semua kalangan, mulai dari kaum muda sampai orang tua. Selain digunakan sebagai minuman, kandungan kafein yang terkandung dalam kopi juga dapat dijadikan bahan untuk memanjangkan rambut. Cara agar rambut cepat lebat dengan kopi sebagai berikut.
  1. Anda keramas terlebih dahulu.
  2. Siapkan beberapa sendok kopi hitam murni (Jangan kopi yang sudah dicampur).
  3. Seduuh kopi hitam tersebut dengan air panas.
  4. Tunggu seduhan kopi tersebut sampai hangat bahkan sedikit dingin.
  5. Oleskan sedikit-demi sedikit seduhan kopi tadi ke rambut Anda hingga merata.
  6. Diamkan 10 menit.
  7. Cuci sampai bersih rambut dan kulit kepala Anda dengan air bersih.

Madu
Kandungan berbagai macam jenis vitamin yang ada didalam madu dipercaya bisa dapat memelihara kesehatan dan dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit baik penyakit dari dalam maupun dari luar. Dalam dunia kecantikan, madu juga dapat diandalkan sebagai bahan alami untuk merangsang pertumbuhan rambut. Cara memanjangkan rambut dengan madu sebagai berikut.
  1. Siapkan sekitar 1 sendok makan madu dan shampo.
  2. Masukan madu kedalam shampo dan aduk sampai merata.
  3. Keramas seperti biasa dengan campuran madu dan shampo tersebut.
  4. Ketika keramas jangan lupa di pijit-pijit beberapa menit.
  5. Lakukan keramas 2-3 kali dalam seminggu menggunakan ramuan ini.

Pisang
Pisang adalah jenis buah-buahan yang sering di makan secara langsung, baik untuk sekedar ngemil maupun untuk cuci mulut setelah makan. Pisang juga dapat diolah menjadi sebuah olahan yang lezat seperti di buat pisang goreng dan berbagai jenis kue. Selain itu, kandungan vitamin C A dan E dalam pisang bisa pula dipakai untuk memanjangkan rambut secara alami. Cara memanjangkan rambut dengan pisang sebagai berikut.
  1. Siapkan dua buah pisang segar dan sudah matang.
  2. Potong kecil-kecil pisang tersebut dan campurkan sedikit minyak zaitun.
  3. Haluskan hingga menjadi seperti pasta dan benar-benar lembut.
  4. Aplikasikan pasta pisang tersebut ke rambut Anda yang sudah dibasahi sebelumnya hingga merata.
  5. Tutup dengan shower cup selama setengah jam.
  6. Terakhir silahkan bilas dengan air bersih dan menggunakan shampo.
  7. Gunakan cara ini 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Urang Aring
Tanaman liar yang ada di hutan ini menjadi salah satu jenis rempah yang banayk digunakan untuk campuran pembuatan jenis shampo dam minyak. Untuk mendapatkan urang aring sekarang kita tidak perlu mengolahnya sendiri, karena sudah banyak jenis minyak maupun shampo yang bisa langsung dipakai. Berikut cara memanjangkan rambut menggunakan minyak urang aring.
  1. Beli minyak urang aring di toko.
  2. Setelah keramas, oleskan minyak urang aring ke rambut Anda.
  3. Lakukan setiap hari secara teratur dan rutin.

Rambut panjang dan sehat menjadi dambaan banyak orang, maka dari itu banyak orang melakukan berbagai macam cara untuk mewujudkan keinginan tersebut. Itulah beberapa cara alami memanjangkan rambut menggunakan bahan alami yang bisa Anda coba peraktekan di rumah.