Penyebab dan Cara Menghilangkan Kutu Rambut Beserta Telurnya

Kutu Rambut. Rambut adalah perhiasan yang tak ternilai harganya, baik untuk perempuan maupun untuk kaum laki-laki. Apalagi untuk perempuan yang memang hobi merawat dan memanjangkan rambut, bagi mereka kecantikan rambut akan menjadi salah satu hal yang diprioritaskan.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut Dan Telurnya

Namun bagaimana bila terdapat beberapa hal yang menyebabkan rambut jadi tidak sehat ? Salah satu penyebab rambut rusak adalah kutu rambut. Hingga saat ini kutu rambut ternyata masih eksis dan masih banyak dialami oleh beberapa orang di Indonesia. Agar mengetahui lebih jauh dan lebih banyak mengenai kutu rambut, disini kami akan memberikan penjelasan berkaitan dengan penyebab kutu rambut.

Hal ini bertujuan agar kita semua bisa terhindar dari kutu rambut, bebas dari kutu dan rambut tetap sehat. Informasi mengenai kutu rambut ini telah dikutip dari alodokter.com dengan beberapa tambahan informasi yang pastinya bermanfaat untuk Anda semua. Langsung saja berikut ini adalah bahasan lengkap yang berkaitan dengan kutu rambut.

Seperti Apa Sih Kutu Rambut Itu ?

Kutu rambut adalah makhluk hidup berukuran sangat kecil yang tumbuh dan hidup dikepala manusia, khususnya kepala yang memiliki banyak rambut. Kebanyakan kaum perempuanlah yang sering dijangkiti oleh kutu rambut ini. Ukuran yang kecil dan lompatannya cukup cepat ini membuat kita sebagai manusia terkadang kesulitan untuk menangkapnya.

Sifat dari kutu rambut ini adalah parasit, yaitu mengganggu dan membuat manusia merasa gatal-gatal pada rambutnya. Kutu rambut bisa tinggal di kepala kita karena mereka menghisap darah melalui kulit kepala dan menimbulkan rasa gatal luar biasa. Oleh karena itu kutu rambut ini sangat mengganggu dan harus dihilangkan dari rambut kita.

Penyebab Kutu Rambut

Setelah mengetahui seperti apa kutu rambut, maka selanjutnya kita akan belajar mengenai penyebab seseorang bisa dihinggapi kutu rambut. Perhatikan baik-baik ya hal ini sangat bermanfaat untuk Anda agar bisa terhindar dari kutu rambut yang mengganggu kepercayaan diri Anda.

  1. Kontak Langsung
    Yang dimaksud dengan kontak langsung adalah Anda tertular kutu rambut langsung dari mereka yang memang sudah memiliki kutu dirambutnya. Hal ini bisa terjadi ketika Anda sedang ngobrol santai, tidur bersama, foto bersama atau melakukan kegiatan yang bersamaan dan berdekatan.

    Jika hal ini sering dilakukan tanpa kita sadari bahwa ia ternyata memiliki kutu rambut, maka sangat mungkin jika dalam waktu dekat kita pun akan tertular dengan kutu rambut. Inilah penyebab kutu rambut yang pertama dan harus bisa Anda waspadai.

  2. Kontak Tidak Langsung
    Sedangkan penyebab kutu rambut yang kedua adalah melalui media tidak langsung. Jadi Anda tidak langsung bersentuhan dengan mereka yang memiliki kutu rambut, namun Anda menggunakan benda yang sering dipakai oleh si pemilik kutu rambut, misalnya ada sisir atau helm. Karena bentuknya kecil, terkadang kutu rambut ini sering kali menempel pada benda-benda yang digunakan dikepala. Nah bila saja Anda sudah tahu jika teman Anda memiliki kutu rambut, mulailah untuk jeli agar sementara waktu tidak meminjam benda pribadinya.

Kalian semua harus tahu bahwa ada banyak penyebab kutu rambut yang harus diwaspadai, secara general memang ada 2 cara namun untuk lebih jauh, Anda pun harus tetap waspada dan menjaga kebersihan rambut. Karena rambut yang bersih dan senantiasa dirawat membuat kutu rambut merasa tidak nyaman.

Dan yang terakhir adalah lakukan hal-hal baik yang membuat rambut jadi lebih sehat, hindari kontak langsung atau berdekatan dengan mereka yang memiliki kutu rambut, karena si kutu ini ternyata bisa melompat 40 kali lebih tinggi dari ukuran tubuhnya.


Cara Menghilangkan Kutu Rambut Dan Telurnya

Tahukah Anda jika kutu rambut termasuk dalam salah satu penyebab rambut rusak dan cukup serius untuk segera ditangani ? Benar sekali, karena pertumbuhan kutu rambut sangat cepat apalagi kutu rambut ini sangat mudah berkembang biak dikepala kita. Tak heran jika kita lengah, maka sudah puluhan kutu rambut yang hidup di kepala kita.

Tentu Anda semua tidak ingin hal ini terjadi, lebih parahnya adalah biasanya anak-anak yang masih sekolah sering kali tidak peka mengenai hal ini sehingga mereka adalah korban dari kutu rambut yang didapat dari mana saja.

Untuk mengatasi kekhawatiran ini disini pun kami ingin memberikan informasi bermanfaat berkaitan dengan cara mengatasi kutu rambut dan telurnya. Ada banyak tips berharga yang bisa Anda lakukan demi mencegah dan menghilangkan kutu rambut beserta telurnya. Semua informasi ini telah kami kutip dari alodokter.com beserta tambahan tips lain yang akan bermanfaat bagi kesehatan rambut Anda dan keluarga. Langsung saja yuk cek tipsnya dibawah ini.

Jika Anda ingin menghilangkan kutu rambut dan telurnya dari kepala, maka lakukanlah beberapa cara dibawah ini dengan rutin dan sesuai dengan petunjuk.

  1. Menghilangkan Kutu Rambut Dengan Alkohol

    Cara Menghilangkan Kutu Rambut Dan Telurnya
    Langkah pertama yang bisa Anda ambil adalah dengan menggunakan alkohol 70%. Cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya ini cukup efektif, mengingat alkohol memiliki kandungan kimia yang bisa membunuh kutu rambut beserta telurnya. Cara mudahnya adalah dengan menuangkan alkohol dalam satu tempat, kemudian Anda ambil perlahan, selanjutnya bisa Anda oleskan kesemua bagian rambut hingga merata.     Diamkan selama kurang lebih 30 menit dan setelah itu bilas dengan air bersih atau keramaslah. Biasanya kutu rambut akan segera mati dan rontok. Hanya saja Anda boleh menggunakan perawatan ini 1 kali dalam seminggu dengan jarak sekitar 2 bulan saja. Karena jika terus menerus bisa menyebabkan rambut dan kulit kepala mengalami iritasi.

  2. Menghilangkan Kutu Rambut Dengan Minyak Zaitun

    Cara Menghilangkan Kutu Rambut Dan Telurnya
    Jika Anda merasa kurang nyaman dengan menggunakan alkohol, maka Anda bisa memilih cara kedua dengan memanfaatkan minyak zaitun. Bagaimana langkah langkahnya ? Berikut tipsnya untuk Anda.

    Sebelum Anda istirahat malam, cobalah untuk mengoleskan minyak zaitun kesemua bagian kepala Anda sampai semuanya rata. Lalu gunakan shower cap dan pakailah selama tidur. Pagi harinya Anda bisa keramas hingga bersih dan cara ini bisa membunuh kutu beserta telurnya, apalagi minyak zaitun memang baik untuk kesehatan rambut.

  3. Menghilangkan Kutu Rambut Dengan Lidah Buaya

    Cara Menghilangkan Kutu Rambut Dan Telurnya
    Dan cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya yang selanjutnya adalah dengan memanfaatkan lidah buaya. Mungkin selama ini kita hanya tahu jika lidah buaya bisa membuat rambut lebih hitam, lebih sehat dan lebih lembut. Namun ternyata lidah buaya juga bisa membunuh kutu rambut beserta telurnya. Oleh karena itu simak tipsnya ya.

    Pertama, ambil lidah buaya yang besar dengan warna hijau tua, setelah itu cuci bersih dan ambil gelnya. Oleskan disemua bagian kepala Anda sambil dipijat halus dan gunakan shower cap setelah selesai diolesi. Baru setelah itu Anda bisa diamkan selama kurang lebih 30 menit saja. Bilas dengan air bersih dan keramaslah. Rasakan perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan lidah buaya untuk perawatan rambut. 

Masih banyak cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya, hanya saja kami berikan 3 tips yang memang paling ampuh, yang aman untuk kulit kepala dan membuat rambut tetap sehat.