Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Gatal Yang Harus Kamu Ketahui

Penyebab Rambut Gatal. Masih seputar masalah rambut, siapa sih yang tak pernah merasa gatal di kulit kepala ? Pasti semua orang pernah merasakan gatal-gatal di rambut. Namun sayangnya kita sendiri pun belum tahu pasti apa saja penyebab rambut gatal, sehingga kita hanya bisa menggaruk dan berganti shampo.

Cara Mengatasi Rambut Gatal

Disini kami ingin memberikan informasi berharga untuk Anda semua yang memang ingin tahu mengenai masalah rambut, khususnya penyebab rambut gatal. Informasi ini kami sampaikan agar kita semua tahu bahwa yang menyebabkan rambut gatal pun beraneka macam sehingga perawatan atau penghilangannya pun cukup berbeda.

Dan informasi tersebut telah kami kutip dari alodokter.com yang juga berisi mengenai tips bermanfaat untuk merawat rambut agar tetap sehat, rambut bebas dari rasa gatal dan semuanya menggunakan cara yang mudah dan hemat. Seperti apa perawatannya ? Yuk langsung saja simak informasinya dibawah ini.

Penyebab Rambut Gatal

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab rambut gatal yang sering kali dialami oleh masyarakat Indonesia. Berikut ini adalah beberapa penyebabnya dan harus Anda ketahui ciri-cirinya sehingga tahu apa yang harus dilakukan nantinya.

  1. Kurap
    Penyakit kulit ini juga bisa terjadi di kulit kepala manusia sehingga menyebabkan rambut menjadi gatal. Sayangnya kurap sering kali terjadi pada kulit kepala anak-anak yang masih sekolah. Kurap ini ada dikarenakan beberapa hal, diantaranya adalah kurang bisa menjaga kebersihan. Selain itu penggunaan hair spray yang terlalu sering juga bisa membuat kulit kepala jadi tidak sehat dan rentan dengan beberapa masalah rambut. Kurap bisa membuat rambut terasa sangat gatal dan bahkan jika digaruk terus bisa menyebabkan luka di kulit kepala.

  2. Ketombe
    Dan penyebab rambut gatal ini yang paling populer dikalangan masyarakat dunia, karena faktanya, ketombe memang bisa membuat rambut jadi lebih gatal. Penyebab ketombe pun berbagai macam, bisa dikarenakan adanya produk yang tidak cocok untuk rambut Anda sehingga sel kulit rambut mengelupas dan menyebabkan rasa gatal atau bisa juga dikarenakan adanya jamur dikepala yang membuat kulit rambut terasa begitu gatal.    Untuk mengurangi masalah ketombe ini yang bisa dilakukan adalah setidaknya Anda harus bisa memilih perawatan rambut yang paling cocok untuk jenis rambut kalian, jangan terlalu sering menggunakan shampo, pergantian produk rambut dan ganti model rambut.

  3. Psoriasis
    Selanjutnya ada istlah psioriasis dimana proses pembentukan sel kulit baru yang lebih cepat dari semestinya yang menyebabkan rasa gatal di rambut. Sehingga bagi mereka yang mengalami kejadian ini pun kepala akan terasa sangat gatal dan harus digaruk terus. Namun jika dibiarkan saja tentu bisa menyebabkan kulit kepala rusak dan terluka.

Cara Mengatasi Rambut Gatal

Setelah membaca beberapa penyebab rambut gatal yang sering dialami oleh manusia, khususnya masyarakat Indonesia, berikut ini kami akan menyampaikan beberapa poin penting berkaitan dengan cara mengatasinya. Jadi Anda semua bisa tahu bagaimana cara merawat rambut yang bermasalah dengan tepat dan benar.

  1. Mengatasi kurap
    Jika Anda merasa bahwa penyebab rambut gatal berasal dari kurap, maka yang perlu Anda lakukan adalah periksa kedokter. Biasanya dokter akan mengambil tindakan dengan memberikan obat anti jamur atau setidaknya Anda akan diberikan obat yang mampu menghilangkan jamur di kulit kepala dan berkuragnya rasa gatal di kepala Anda.

  2. Mengatasi ketombe
    Sedangkan untuk Anda yang mengalami rambut gatal karena ketombe, maka yang perlu dilakukan adalah dengan menggunakan shampo minyak zaitun, secara perlahan ketombe atau masalah di kulit kepala pun akan berangsur membaik. Jadi saran kami sebelum keramas bisa Anda oleskan minyak zaitun ke kulit kepala secara keseluruhan.

  3. Mengatasi psioriasis
    Untuk masalah yang terakhir, kami menyarankan Anda untuk menggunakan cuka apel yang kemudian bisa dioleskan secara keseluruhan dan bisa mengurangi rasa gatal di kulit kepala.

Demikian informasi lengkap berkaitan dengan penyebab rambut gatal dan juga cara mengatasinya. Semoga bermanfaat dan bisa Anda lakukan sesuai dengan kondisi rambut masing-masing.