Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Bau Apek atau Bau Busuk Secara Alami

Cara Menghilangkan Rambut Bau Apek. Salah satu masalah rambut yang bikin perempuan bete adalah masalah rambut bau apek atau timbul bau tidak sedap. Padahal terlalu sering keramas pun bisa menyebabkan rambut rusak, namun sering kali produksi keringat atau mungkin pekerjaan yang terlalu padat menyebabkan rambut jadi mudah lepek dan bau apek. Lalu adakah solusi untuk menghilangkan masalah rambut apek ? Tentu saja, berikut ini akan kami hadirkan cara menghilangkan rambut bau apek dengan cara alami yang mudah dan sederhana.

Cara Menghilangkan Rambut Bau Apek

Sebelum menuju ke tips yang akan membuat rambut Anda tetap wangi, kita akan memberikan informasi seputar penyebab rambut apek. Hal ini bertujuan agar Anda semua bisa menghindari hal-hal yang tanpa kita sadari ternyata bisa menyebabkan rambut memiliki bau tak sedap. Informasi mengenai rambut apek ini telah dikutip dari alodokter.com dan berbagai penambahan tips yang nantinya juga bermanfaat banyak bagi para pembaca.

Penyebab Rambut Bau Apek

Perhatikan beberapa hal dibawah ini yang tanpa Anda sadari ternyata bisa menjadikan rambut memiliki bau kurang sedap alias bau apek.

  1. Keringat Berlebih
    Jika Anda merasa bahwa keringat di kulit kepala cukup banyak, nah mungkin ini adalah penyebab mengapa Anda memiliki rambut dengan bau busuk atau bau apek. Karena produksi keringat yang berlebih bisa menyebabkan rambut bau apek dan lepek.

  2. Jarang Membersihkan Rambut
    Selain itu masalah bau apek pun juga ditimbulkan karena Anda jarang merawat dan menjaga kebersihan rambut, misalnya keramas. Jika saja Anda rutin keramas, rajin merawat rambut, maka masalah bau apek di rambut pun tidak akan terjadi.

  3. Rambut Basah
    Selanjutnya penyebab rambut bau apek adalah dikarenakan kondisi rambut yang selalu basah. Jika saja rambut basah langsung diberi penutup kepala atau langsung di jilbabi, maka bisa menimbulkan bau apek.

  4. Menggunakan Penutup Kepala Kotor
    Dan yang terakhir adalah kebiasaan menggunakan penutup kepala yang kotor, misalnya helm atau topi selama kerja. Hal ini bisa membuat rambut jadi tidak sedap dan kurang sehat.

Cara Menghilangkan Rambut Bau Apek

Setelah mengetahui beberapa hal berkaitan dengan penyebab rambut bau apek, langsung saja dibawah ini sudah kami siapkan informasi mengenai cara menghilangkan rambut bau apek.

  1. Tomat
    Tahukah kalian jika dalam buah tomat terdapat kandungan dan tingkat keasaman yang mampu mengusir bau apek di rambut ? Oleh karena itu kami menyarankan Anda untuk menggunakan tomat dalam perawatan rambut agar tetap sehat dan tidak mudah berbau apek. Caranya adalah dengan membuat jus tomat kemudian gunakan tomat tersebut sebagai masker rambut. Pijat halus di kulit kepala dan diamkan selama 15 menit saja. Lakukan rutin selama seminggu sekali dan dapatkan perubahan yang cukup maksimal dari penggunaan bahan alami ini.

  2. Jeruk
    Sedangkan cara menghilangkan rambut bau apek yaitu dengan menggunakan jeruk. Semua orang pasti sudah tahu jika buah yang satu ini memiliki kandungan vitamin C yang cukup besar sehingga baik untuk kesehatan tubuh yang juga bermanfaat untuk menghilangkan bau apek di rambut.

Gunakanlah kulit jeruk ini kemudian direbus dan air rebusan dari kulit jeruk bisa disiramkan ke rambut Anda, dengan catatan air rebusan telah hangat dan tidak terlalu panas. Setelah itu Anda bisa diamkan sebentar kemudian bilas sampai bersih.

Dengan menggunakan 2 cara menghilangkan rambut bau apek yang kami sarankan diatas, Anda tak perlu mengeluarkan budget besar apalagi sampai membeli produk tertentu. Cukup manfaatkan bahan yang ada dan lakukan dengan baik serta hindari hal-hal yang bisa menyebabkan rambut bau apek.